4 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Domain

4 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Domain

SEKOLAH BLOG – Domain adalah nama bisnis Anda di internet. Kesalahan dalam memilih nama domain bisa berakibat negatif untuk bisnis Anda di masa mendatang.

Nah, setidaknya ada 4 pertimbangan (perspektif) yang harus Anda lakukan sebelum memilih nama domain, antara lain:

Perspektif Manusia

Anda perlu domain yang mudah terbaca, enak disebut namanya serta gampang diingat oleh siapapun yang melihatnya. Karena itu, domain dengan 1-2 kata dianggap cukup memenuhi kriteria ini.

Perspektif Brand

Nama domain sebaiknya bisa menggambarkan secara keseluruhan bagaimana kontennya atau bisnis apa yang terjadi di dalamnya. Ke depan, pelan atau cepat, nama domain tentu akan berubah menjadi brand dari bisnis tersebut.

Dewasa ini esktensi domain sudah begitu bervariasi, bukan hanya terpatok pada dotcom saja, melainkan juga sudah merambah ke spesifik kategori seperti .shop, .movie, .guru, .website dan lain sebagainya.

Hanya saja, secara global domain dengan exstensi .com menjadi incaran nomor wahid sebelum beralih ke domain TLD lainnya karena dipandang masih sangat brandable.

Perspektif SEO

Memilih nama domain berdasarkan pertimbangan SEO (search engine optimization) mensyaratkan pada setidaknya 2 hal penting, yakni relevansi dan penggunaan kata kunci di dalamnya.

Mesin pencari akan lebih memprioritaskan website dengan nama domain yang relevan dan erat kaitannya dengan isi kontennya secara keseluruhan dibandingkan nama domain lain yang tidak begitu menunjukkan relevansi dengan kontennya.

Selain itu, nama domain yang mengandung kata kunci tertentu jelas akan memberikan benefit website yang bersangkutan menduduki posisi terbaik dengan target pencarian menggunakan kata kunci yang berada di dalam nama domainnya.

Misalnya saja, jika Anda ingin membuat toko online untuk baju anak, sebaiknya pilihlah nama domain seperti tokobajuanak.com, atau bajuanakmurah.com atau yang lainnya. Selain brandable, juga sangat SEO friendly.

Perspektif Hukum

Hal penting ketika mempertimbangkan pemilihan domain dari sudut pandang hukum adalah soal hak cipta dan merek terdaftar.

Keleluasaan Anda mencari nama domain menyebabkan tidak tertutup kemungkinan domain yang Anda daftarkan (meski dengan ekstensi berbeda) ternyata sudah menjadi hak brand tertentu di dunia.

Karena itulah, sebaiknya hindari membeli domain yang sangat lekat dengan nama perusahaan global yang sudah mendunia karena kelak bisa berakibat fatal untuk bisnis Anda.

Selanjutnya adalah soal merek. Hindari menggunakan domain yang sudah digunakan oleh merek-merek produk terkenal dan mendunia.

***

Nah, Anda sudah memiliki nama domain yang ingin segera didaftarkan, bukan?

Jangan lewatkan promo domain gratis selamanya untuk setiap pembelian paket hosting termurah dari Niaga Hoster. Baca informasi selengkapnya di sini.