Pengantar Seputar WordPress, Blog dan Website

Sebelum Anda belajar lebih jauh tentang WordPress, kami ingin mencoba meluruskan sedikit pemahaman tentang WordPress, Blog dan Website.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang awam biasanya sulit membedakan ketiga istilah tersebut. Supaya semuanya lebih jelas, perbedaan antara ketiganya bisa digambarkan sebagai berikut:

Perbedaan WordPress, Blog dan Website

Nah, seperti Anda lihat, apapun yang ada di internet disebut Website. Ada banyak ragam website seperti forum, search engine, social media, social bookmarking, social networking, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah blog.

Jadi blog adalah website juga dan termasuk bagian dari website. Akan tetapi, tidak semua website adalah blog.

Sementara blog juga banyak, ada blogspot.com, wordpress.com, thumblr.com, dan sebagainya. Maka bisa dijelaskan secara ringkas bahwa WordPress adalah salah satu dari macam-macam blog dan Blog adalah salah satu dari macam-macam Website.

***

Banyak juga yang menganggap bahwa blog itu kalau dibelakangnya ada tulisan blogspot.com, wordpress.com, thumblr.com, dan semacamnya. Contoh: www.sekolahblog.wordpress.com, atau www.sekolahcantik.blogspot.com. Padahal tidak selalu demikian. Apa yang Anda anggap itu, hanyalah bagian kecil dari blog.

Sementara blog secara umum dapat kita bagi  kedalam 2 kelompok besar, yaitu blog independen dan blog instant. Jadi yang Anda sebut blog selama ini hanyalah blog-blog instant yang memang disediakan bagi mereka yang baru mengenal dunia blogging.

Di SekolahBlog.web.id, Anda tidak sedang mempelajari tentang blog-blog instant tersebut. Di sini Anda akan belajar setingkat lebih canggih dan lebih keren serta belajar tentang blog yang sesungguhnya, yakni blog independen yang sifatnya mandiri.

Di sini kita akan belajar tentang WordPress, mesin pembuat blog yang sesungguhnya.

Jika Anda sudah mengerti perbedaan ini, maka sekarang saatnya Anda akan mulai belajar apa itu WordPress dan bagaimana WordPress bisa membantu Anda membuat sebuah blog ataupun website yang canggih dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

MATERI BERIKUTNYA: Mengenal WordPress dan Keunggulannya Sebagai Mesin Pembuat Blog