Cara Menghapus Konten Default Bawaan WordPress

Secara otomatis blog WordPress yang berhasil diinstall akan berisi 1 post, 1 page, 1 comment dan sudah memiliki themes. Semuanya merupakan bawaan default dari WordPress. Khusus untuk 1 post, 1 page, 1 comment sepertinya perlu dihapus karena tidak diperlukan.

Jika Anda berhasil login ke dashboard blog WordPress yang telah Anda buat, maka akan tampak tampilan seperti di bawah ini:

Wordpress Admin - Dashboard

Nah, sebelum memulai posting baru, Anda bisa menghapus post, page dan comment default bawaan WordPress. Caranya adalah dengan langsung klik pada menu posts, pages atau comments di bagian menu dashboard, atau pada area widget At a Glance.

CARA Menghapus Posts

Jika Anda akan menghapus post, maka klik saja pada menu ‘Posts‘ atau bisa juga dengan langsung klik pada tulisan “1 Post” pada widget At a Glance. Selanjutnya akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Wordpress Admin - Dashboard - Post

Arahkan kursor pada judul post default yang ada (Hello world!), dan akan muncul opsi seperti pada gambar berikut ini:

Wordpress Admin - Dashboard - Post - Manage

Nah, klik saja pada pilihan “Trash” dan postingan itu akan terhapus. Blog Anda kini sudah bersih dari postingan default tadi.

Jika di blog Anda sudah memiliki banyak postingan, Anda bisa mengelolanya dengan metode yang sama. Jika ada banyak posts yang harus dihapus, centang saja setiap judul posts lalu pilih “Move to Trash” pada menu “Bulk Actions“, lalu klik tombol Apply.

Tutorial ini juga sekaligus bisa Anda gunakan untukĀ  mengelola postingan blog Anda di masa-masa mendatang, baik untuk menghapus post yang tidak diperlukan, mengeditnya, atau melihat permalink postingan.

Cara Menghapus Pages

Nah, sekarang Anda bisa menghapus page (halaman), termasuk default page bawaan WordPress. Metodenya hampir sama dengan menghapus post default tadi.

Klik saja pada menu ‘Pages‘ atau bisa juga dengan langsung klik pada tulisan “1 Page” pada widget At a Glance. Selanjutnya akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Wordpress Admin - Dashboard - Page

Selanjutnya arahkan kursor ke judul page yang hendak dihapus. Dalam hal ini adalah default page bawaan dari instalasi WordPress, yaitu “Sample Page“.

Wordpress Admin - Dashboard - Page - Manage

Selanjutnya langsung saja klik pada “Trash” dan page default tadi akan terhapus.

Jika di masa mendatang blog Anda memiliki banyak page (halaman statis), Anda bisa mengelolanya dengan metode yang sama. Jika ada banyak pages yang harus dihapus, centang saja setiap judul page lalu pilih “Move to Trash” pada menu “Bulk Actions“, lalu klik tombol Apply.

Cara Menghapus Comments

Demikian juga dengan Comments yang ada. Klik saja pada menu Comments, atau pada tulisan “1 Comment” lalu akan terbuka halaman pengelolaan komentar seperti terlihat di bawah ini:

Wordpress Admin - Dashboard - Comments

Seperti cara mengelola posts dan pages sebelumnya, arahkan saja kursor pada komentar ingin dihapus, lalu klik “Trash“. Komentar akan terhapus.

Wordpress Admin - Dashboard - Comments - Manage

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti?