Cara Mengelola Komentar Blog

Jika blog Anda sudah memiliki sejumlah pengunjung, biasanya ada yang meninggalkan komentar atas artikel atau informasi yang Anda terbitkan. Ada komentar yang bersih, tetapi tidak sedikit komentar yang bersifat spam dan dibuat oleh robot.

Sekarang Anda akan belajar bagaimana mengelola komentar agar komentar yang sifatnya spam bisa diminimalisir, atau dihapus. Anda juga bisa langsung menjawab atau menanggapi setiap komentar pembaca melalui pengaturan komentar ini.

Bagaimana caranya?

Pengantar tentang hal ini juga sudah pernah disinggung dalam materi Cara Menghapus Konten Default Bawaan WordPress

Nah, biar lebih jelas kita akan kembali membahasnya di sini. Untuk mengelola komentar, klik pada menu Comments pada sidebar menu, lalu akan muncul halaman seperti berikut:

Mengelola Komentar Blog

Seperti Anda lihat, tampilan halaman pengelolaan komentar hampir mirip dengan pengelolaan artikel (post atau page). Anda bisa melakukan Approve, Reply, Quick edit, Edit, Spam dan juga Trash untuk menghapus.

Spam –> komentar yang Anda anggap sebagai spam. Komentar ini akan langsung dimasukkan ke dalam bagian Spam. Tim Akismet (plugin WordPress) juga akan diberitahu masalah ini dan mereka akan mencoba memperbaiki sistem pengamanan komentar WordPress. Jadi, bisa dianggap bahwa tombol ini adalah tombol pelaporan akan perilaku spamming.

Apabila komentar memiliki 2 buah link di dalamnya, biasanya akan ditahan di bagian Pending. Anda bisa melihatnya di bawah tulisan besar Edit Comments. Komentar yang ditandai dengan Unapproved juga akan masuk ke dalam bagian ini.

Untuk memunculkan komentar yang masuk bagian ini, cukup mengklik link Approve.

Bila ingin membalas / menjawab komentar, klik saja link Reply, lalu ketikkan jawaban Anda di box yang tersedia. Komentar Anda akan muncul tepat dibawah komentarnya dan agak menjorok (tergantung design theme yang dipakai).