Cara Setting Blog WordPress: Reading Setting

Pada bagian Reading Setting ini Anda bisa mengatur bagaimana postingan dalam blog Anda ditampilkan. Kita akan membahas masing-masing pilihan yang ada.

Perhatikan gambar di bawah ini:

Wordpress Setting - Reading

Blog pages show at most –> Untuk mengatur berapa jumlah postingan yang akan ditampilkan pada halaman depan blog Anda. Jumlah default adalah 10 postingan. Anda bisa merubahnya lebih banyak atau kurang dari 10 postingan, sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Syndication feeds show the most recent –> Fitur ini hampir sama dengan blog pages show ata most, tapi ini untuk RSS Feed. Jadi kalau ada yang langganan RSS Feed blog Anda, maka bisa diatur berapa banyak artikel yang ditampilkan. Jika tidak ada target lain, biarkan saja default 10 items di situ.

For each article in a feed, show –> Isi saja dengan Summary agar pelanggan RSS Feed hanya membaca ringkasan saja. Dia harus membuka blog Anda untuk membaca keseluruhan artikelnya.

Search Engine Visibility –> Fitur yang mengatur apakah blog Anda boleh diindex oleh mesin pencari atau tidak. Jangan centang opsi ini, biarkan saja!

Untuk keperluan bisnis, setiap blog seharusnya boleh terindex agar orang lain bisa menemukan artikel yang kita tulis melalui pencarian di mesin pencari seperti Google.com, Bing.com dan sebagainya.

***

Jika sebelumnya Anda sudah pernah posting artikel, maka ketika membuka Reading Setting ini akan muncul fitur seperti di bawah ini pada bagian paling atas dari semua opsi:

Wordpress Setting - Reading - Front Page Displays

Nah, pada form Front Page Display ini Anda bisa mengatur apakah yang muncul di halaman depan adalah artikel terakhir atau sebuah halaman statis saja.

Apabila Anda memilih halaman statis, maka Anda harus memilih halaman mana yang akan dijadikan sebagai halaman depan. Cara ini sangat bagus digunakan apabila Anda ingin menampilkan sebuah halaman depan yang selalu sama dan berisi informasi awal perihal blog.

Hanya saja, untuk kepentingan pengembangan blog, ada baiknya Anda menampilkan artikel-artikel terbaru (latest posts) di halaman depan agar pengunjung bisa dengan cepat mengakses informasi di blog Anda.