Cara Setting Blog WordPress: General Setting

Pada General Setting, Anda bisa mengatur judul blog, tagline (deskripsi), email utama, keanggotaan, format penanggalan dan waktu dan lain sebagainya. Kemampuan ini, akan memudahkan Anda dalam mengelola blog.

Hanya saja, Anda perlu diingat agar tidak terlalu sering mengganti judul blog. Hal ini bertujuan agar tidak membingungkan search engine, juga menghindari pembaca setia blog Anda bertanya-tanya.

Setidaknya ada 12 hal yang bisa diatur pada bagian General Setting ini. Lihat gambar di bawah ini:

Wordpress Setting - General

Site Title –> Judul atau nama blog Anda. Misalnya: Blog Pribadi Saya, atau Tips Kecantikan Alami, atau Dokter Blog, dan lain sebagainya. Sebaiknya judul blog tidak terlalu panjang. 3-4 kata sudah cukup.

Tagline –> Berisi kalimat yang menggambarkan blog Anda secara keseluruhan. Bisa juga merupakan istilah atau motto yang menunjukkan identitas blog Anda. Contoh: “Semua Tentang Blog Ada di Sini“, atau “Referensi #1 Wanita Single” dan lain sebagainya.

WordPress Address (URL) –> Secara default biasanya sudah berisi alamat URL blog Anda. Tinggal apakah Anda mau menambah atau menghilangkan “www.” atau tidak, bisa disetting di sini.

Site Address (URL) –> Secara default biasanya sudah berisi alamat URL blog Anda. Tinggal apakah Anda mau menambah atau menghilangkan “www. atau tidak, bisa disetting di sini. 

Email Address–> Secara default sudah terisi dengan alamat email Anda sebagai administrator. Tapi Anda juga bisa merubahnya dengan alamat email lain. Email ini akan menjadi alamat Wordrpess mengirimkan notifikasi jika ada penambahan user (pengguna), komentar baru dan sebagainya.

Membership –> Secara default tidak tercentang karena alasan keamanan. Jika Anda mau membuka kesempatan kepada orang lain untuk mendaftar sebagai user (pengguna) di blog WordPress Anda, centang opsi ini.

New User Default Role –> Mengatur peran atau level keanggotaan dari setiap user (pengguna) baru. Hal ini perlu diatur jika Anda mengaktifkan opsi Membership di atas.

Timezone, Data Format, Time Format dan Week Starts On –> Sesuaikan saja dengan kondisi sendiri.

Site Language –> Pilih sesuai keinginan. Tetapi untuk kelancaran proses belajarnya, tetap gunakan English saja sebagai default language blog Anda.

***

Jika semuanya sudah Anda atur pada bagian General Setting ini, jangan lupa klik tombol “Save Changes“.