Cara Pengaturan Plugin di Blog WordPress

Plugin adalah fasilitas tambahan yang bisa memberikan banyak sekali kegunaan untuk menambah fungsionalitas blog WordPress. Plugin inilah yang membuat WordPress begitu kaya dengan fitur-fitur yang memanjakan penggunanya.

Bagi mereka yang masih cukup awam dengan dunia blog, khususnya penggunaan CMS WordPress, mengetahui bagaimana menambah dan mengelola plugin merupakan skill yang akan sangat diperlukan.

Pengaturan plugins pada blog WordPress bisa dilakukan dengan masuk ke menu Plugins. Klik saja pada menu Plugins, lalu akan muncul 3 submenu: Installed Plugins, Add New dan Editor.

Manage Plugins in WordPress

Installed Plugins –> Daftar plugins yang sudah terinstall di blog Anda, tinggal mau diaktifkan atau di non-aktifkan saja.

Add New –> Menu untuk menambahkan plugin baru. Plugin yang Anda tambahkan bisa berasal dari direktori WordPress sendiri, maupun plugin yang berasal dari pihak di luar WordPress.

Editor –> Opsi untuk melakukan editing pada setiap plugin yang sudah terinstall di blog Anda.

Ada juga menu lain yang tersedia pada halaman Plugins, seperti tombol Upload Plugin dan kolom Search Plugin.

Khusus untuk Upload Plugin, di sini Anda bisa mengupload plugin dari data yang tersimpan di komputer Anda. Biasanya ini digunakan untuk plugin premium yang tidak tersedia di direktori plugin milik WordPress.

Untuk tahap pemula, sebenarnya plugin-plugin yang tersedia di direktori WordPress sudah lebih dari cukup. Tinggal Anda cari saja sesuai kebutuhan.

[Materi seputar plugin-plugin penting yang dibutuhkan dalam sebuah blog akan disajikan pada bagian lain di situ sini]