Cara Login ke Dashboard Admin

Untuk mengelola blog yang sudah Anda install, maka Anda harus masuk ke dapur administrasi WordPress atau dikenal dengan istilah dashboard. Dari sini Anda bisa melakukan apapun terhadap blog WordPress Anda.

Nah, untuk bisa masuk ke dashboard, Anda bisa langsung ke:

http://www.namadomainanda.com/wp-admin

Masukkan username dan password blog WordPress yang sudah Anda buat.

Wordpress Admin Login

Ingat, password WordPress (seharusnya) berbeda dengan password hosting. Disarankan untuk membedakan antara password blog WordPress dengan password hosting dan password email untuk tujuan keamanan aktivitas online Anda!

Jika username dan password benar, Anda akan masuk ke dashboard blog WordPress Anda seperti pada gambar di bawah ini:

Wordpress Dashboard

Bagaimana Kalau Lupa Password?

Jika karena sejumlah alasan Anda lupa password, Anda bisa menggunakan fasilitas lost your password yang tersedia di wp-admin.

Perhatikan gambar berikut:

Wordpress Admin Login - Lost Password

Klik saja link “Lost your password?” di atas dan akan terbuka halaman seperti berikut:

Wordpress Admin Login - Lost Password - Next

Selanjutnya Anda tinggal memasukkan username atau email yang pernah didaftarkan untuk blog yang bersangkutan. Terserah mana yang Anda ingat, lalu klik tombol “Get New Password“.

Berikutnya Anda harus cek email. Disana akan ada link konfirmasi dari pihak WordPress bahwa Anda benar-benar meminta password baru. Ini berguna agar blog Anda tidak dipakai main-main oleh orang lain.

Baca email tersebut dengan baik lalu klik link yang diberikan. Jika linknya tidak berfungsi, copy dan paste saja alamatnya ke browser. Berikutnya Anda tinggal memasukkan password baru yang Anda sukai.