Mengenal WordPress dan Keunggulannya Sebagai Mesin Pembuat Blog

Setelah bisa membedakan secara seksama perbedaan antara WordPress, Website dan Blog, kini kita akan mempelajari lebih mendalam tentang WordPress, mesin pembuat blog yang paling banyak digunakan saat ini.

Boleh dikatakan sebagian besar blog di internet menggunakan WordPress sebagai mesin CMS-nya. CMS adalah singkatan dari Content Management System. Situs SekolahBlog.web.id ini juga kami buat dengan mesin WordPress.

Nah, bagaimana cara mendapatkan WordPress itu? Mengapa WordPress sangat direkomendasikan sebagai platform mesin blog? Apa saja keunggulannya?

Perlu Anda ketahui, tampilan blog yang Anda lihat selama ini tidak muncul begitu saja, melainkan dari kerja sama kode-kode php yang cukup rumit (atau bagi pemula bisa dibilang sangat rumit).

Dari kode-kode aneh itu, bersinergi dan saling mendukung sehingga akhirnya muncullah halaman blog yang enak dilihat, enak dibaca dan enak dikelola. Yah, WordPress telah dibuat sedemikian rupa sehingga sangat mudah bagi siapa saja untuk memakainya, termasuk Anda nantinya. 🙂

Cara Mendapatkan WordPress

Apakah WordPress ini gratis? Benar sekali! WordPress adalah CMS blog yang disediakan secara gratis oleh Automattic, perusahaan milik Matt Mullenweg. WordPress didukung oleh para programmer professional yang menghabiskan waktu dan tenaganya untuk terus membangun dan menyempurnakan WordPress hingga menjadi seperti sekarang.

Nah, dimana Anda bisa mendapatkan WordPress? Anda bisa mendownload versi terbarunya di: http://www.wordpress.org

Tampilan WordPress.org Saat Ini

Anda bisa langsung mengklik tombol download yang ada disebelah kanan halaman dan dalam beberapa menit, script WordPress versi terbaru sudah menjadi milik Anda. Sederhana bukan? Anda bahkan tak perlu memperkenalkan diri atau meminta ijin untuk mendownloadnya.

Rata-rata hosting berbayar sudah menyertakan WordPress dalam paketnya sehingga Anda tinggal mengaktifkannya saja. Jadi Anda bahkan tidak perlu mendownload scriptnya lagi. Hal ini akan dijelaskan lebih luas dalam materi cara menginstall WordPress.

Apa Saja Keunggulan WordPress?

Lalu kenapa Anda perlu memiliki WordPress ini? Kenapa Anda harus membuat blog dengan WordPress? Kenapa bukan script lain?

WordPress telah membuktikan dirinya sebagai mesin yang sangat mudah digunakan, mudah perawatannya namun sangat powerful hasilnya. Hebatnya lagi, WordPress ini gratis. WordPress bukan cuma gratis dan hebat, tetapi juga memiliki beragam fitur yang sangat luar biasa dan sangat membantu pemilik blog.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan WordPress yang sangat Anda perlukan:

1. Template System, yang akan memudahkan Anda menggonta-ganti tampilan blog semudah mengklik. Anda bisa mengubah-ubah tampilan blog hanya dalam hitungan detik. Dan blog Anda tetap berjalan seperti semula.

2. Search engine-friendly permalink structure, tiap artikel bisa memiliki alamat halaman yang mudah dibaca oleh mesin pencari.

3. Support for plugins, blog Anda bisa ditambah kemampuannya, bisa dirubah fungsinya hanya dengan menggunakan plugin. Mengaktifkan dan meng-install plugin juga amat mudah.

4. Support for widgets, Anda bisa mengatur urutan modul hanya dengan drag and drop. Anda bisa menambah modul di sidebar hanya dengan meng-klik aja.

5. Nested categories and multiple categories for articles, Anda bisa mengumpulkan artikel-artikel dalam satu kategori atau satu artikel masuk ke banyak kategori.

6. Trackback and Pingback, Anda juga bisa saling terhubung dengan blog-blog lain.

7. Typographic filters for proper formatting and styling of text, memungkinkan Anda begitu mudah membuat artikel, mengubah huruf dan gaya penulisan. Semuanya cukup dengan klik. Anda bahkan tak perlu hafal kode HTML sekalipun!

8. Static pages, jika Anda butuh sebuah halaman statis yang berisi info tentang diri Anda atau apapun juga, WordPress siap melayani.

9. Multiple authors, capek menulis sendiri dan ingin mengundang penulis lain? wordpress bisa menanganinya.

10. Can store a list of users who visit your blog, bisa juga mendata pengunjung yang mengunjungi blog anda

11. Can block site visitors by IP address, bisa memblokir pengunjung dari IP tertentu

12. Tag support, tiap artikel bisa ditambahkan tag untuk mempermudah mesin pencari mengenali isi blog atau artikel Anda.

13. Comment Support, Anda bisa berinteraksi langsung dengan pengunjung. Mereka bisa memberikan komentar di tiap artikel, dan Anda bisa membalasnya!

14. RSS Feed Support, pengunjung juga bisa memantau perkembangan atau update artikel-artikel baru Anda dengan sangat mudah melalui RSS Feed. Mereka bisa membacanya di RSS Reader atau dari Communicator.

15. Mobile friendly, sebuah blog juga mesti bisa diakses dengan mudah melalui perangkat mobile, dan WordPress sangat mendukung hal itu tanpa harus melakukan perubahan mendasar!

Masih banyak sebenarnya keunggulan WordPress yang tidak kami cantumkan di sini. Anda akan merasakannya sendiri nanti jika sudah mulai menggunakannya.

WordPress Install vs WordPress Instant

Ada 2 jenis WordPress yang harus Anda ketahui dan harus Anda bedakan, yaitu WordPress Install atau juga dikenal sebagai WordPress.ORG, dan WordPress Instant atau atau WordPress.COM.

Dengan WordPress Install, Anda bisa dengan mudah menginstall dan melakukan berbagai macam perubahan dan pengembangan sesuka hati.

Sedangkan WordPress Instant adalah WordPress yang telah tersedia secara gratis dan instant. Tapi tentu saja Anda tidak bisa melakukan banyak hal. Untuk mengganti tampilan aja, Anda harus ikhlas menerima themes yang sudah disediakan, tidak bisa mengupload theme sendiri.

Selain itu, pada WordPress Instant Anda juga tidak diijinkan menggunakan formulir, javascript dan tidak bisa memasukkan plugin baru.

Di situs SekolahBlog.web.id ini kita hanya membahas WordPress Install yaitu WordPress yang Anda install sendiri sehingga nantinya bisa dikembangkan dengan baik dan leluasa. Dan karena harus diinstall sendiri, maka Anda tentunya akan membutuhkan domain dan hosting.

Domain dan Hosting

Domain adalah nama pengganti IP address yang akan menuju pada server tertentu dan biasanya diwakili oleh adanya website. Contoh domain: sekolahblog.web.id, detik.com, kompas.com dan sebagainya.

Harga sebuah domain sederhana biasanya berkisar antara $5 – $12 USD, bisa dibeli di domain registrar. Sewaktu-waktu biasanya ada promo domain murah pada registrar tertentu.

Hosting atau server adalah tempat untuk menyimpan data-data digital yaitu termasuk teks, gambar, audio atau video yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk website. Ada banyak sekali perusahaan penyedia jasa hosting, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Belum punya domain dan hosting sendiri? Klik di sini dan dapatkan informasi layanan hosting termurah + gratis domain selamanya!