Cara Mengatur Pengguna (User) WordPress

Kelebihan lain yang dimiliki WordPress adalah adanya pengaturan pengguna (user), sehingga memungkinkan Anda menambah pengguna (user) baru di blog yang Anda kelola.

Mungkin saja Anda ingin membuat blog untuk organisasi atau perusahaan dimana disana ada tim tertentu yang mendapat tugas untuk mengisi blog. Anda bisa menambah, mengedit atau menghapus user. Anda juga bisa mengatur kewenangan (role) masing-masing user dengan sangat mudah.

Bagaimana caranya?

Menambah User

Ada dua cara untuk menambah user. Anda tambahkan sendiri atau user tersebut yang mendaftarkan dirinya sendiri. Jika Anda ingin membatasi pengisi blog, kami sarankan Anda yang menambahkannya sendiri.

Users Management in WordPress

Caranya, masuk ke menu Users -> Add New

Users Management in WordPress - Add New User

Anda tinggal mengisi username, email dan password user baru ini. Bila telah selesai klik Add User. Maka Anda sudah memiliki seorang staff blog.

Tapi sebelumnya, coba Anda perhatikan fitur tentang Role. Ini adalah pilihan kewenangan yang Anda berikan kepada user tersebut.

Ada 4 level kewenangan dalam WordPress:

1. Subscriber: user yang hanya bisa melihat dashboard admin panel, melihat komentar dan artikel terbaru dan semua informasi yang ada di dalam dashboard.

2. Contributor: user yang bisa menulis artikel tapi artikel yang muncul akan ditahan (pending) hingga administrator atau editor menyetujui artikelnya. Gunakan wewenang ini untuk user baru yang masih dalam masa ujicoba.

3. Author: user yang berhak menulis artikel dan mengedit atau menghapus artikel yang dia tulis dan komentar yang ada di artikelnya. Artikel yang ditulis oleh author akan langsung tampil di blog tanpa menunggu persetujuan administrator atau editor. Gunakan wewenang ini, jika user tersebut telah cukup terpercaya.

4. Editor: user yang berhak menulis artikel, mengedit dan menghapus artikel lain, mengedit dan menghapus komentar di artikelnya atau artikel penulis lain. Semua tulisan dan hasil editannya akan langsung muncul di blog. Bisa dianggap, editor adalah tangan kanan Anda (sebagai administrator) dalam mengelola blog.

5. Administrator: user berhak melakukan segala hal di blog Anda. Hemat kami, cukup Anda saja yang menjadi administrator kecuali Anda mendelegasikan tugas pengelolaan blog sepenuhnya pada orang lain.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara menambah user sendiri.

Tetapi jika blog Anda sifatnya terbuka dan semua orang boleh menjadi penulis, maka Anda tinggal membuka menu registrasinya saja. Buka menu Settings -> General. Kemudian cari fitur Membership dan beri tanda centang pada pilihan Anyone can register.

Jangan lupa, Anda juga perlu menentukan wewenang default bagi user baru yang mendaftar di blog Anda. Gunakan saja contributor untuk user baru dengan kewenangan terbatas yang sudah dijelaskan di atas.

***

Selalu ingat untuk melakukan Save Changes setiap selesai melakukan editing.