Cara Membuat Postingan dalam Beberapa Halaman (Multipage)

Bagaimana jika Anda memiliki artikel yang cukup panjang? Menggunakan Read More saja rasanya masih kurang. Anda perlu memotong artikel menjadi lebih dari 1 halaman. Jangan khawatir karena WordPress siap menanganinya dengan sangat mudah.

Nah, bagaimana caranya?

Untuk memotong artikel menjadi beberapa page (halaman), Anda perlu beralih dari mode Visual ke mode Text. Klik tab “Text” di editor WordPress.

Selanjutnya, masukkan kode pada paragraf dimana Anda ingin memotongnya.

<!—nextpage—>

Anda bisa menempatkan beberapa kode untuk membuat banyak halaman dalam satu artikel. Selanjutnya klik tombol Publish/Update.

Anda bisa melihat artikel yang Anda terbitkan akan terbagi ke dalam banyak halaman, disertai dengan link berupa angka yang menunjukkan bahwa artikel ini terdiri dari beberapa halaman.

Postingan Multipage

Catatan: Tidak semua themes mendukung fungsi ini. Agar fungsi ini berjalan dengan baik, Anda perlu menambahkan kode berikut pada single.php theme blog Anda:

<?php
wp_link_pages(array(‘before’ => ‘<p><strong>Pages:</strong> ‘, ‘after’ => ‘</p>’, ‘next_or_number’ => ‘number’));
?>

Sebenarnya ada juga cara praktis untuk membagi sebuah postingan ke dalam beberapa page tanpa harus melakukan editing pada file single.php, yakni dengan menggunakan Plugins.

Beberapa plugin WordPress yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan fitur ini adalah “Custom Nextpage Plugin” atau “Multipage Plugin“.

Cara install plugin adalah dengan masuk ke menu Plugins –> Add New. Selanjutnya ketik nama plugin yang akan diinstall pada kolom Search Plugin dan tekan enter. Plugin yang dicari akan muncul dan bisa mulai diinstall.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai cara install plugin bisa Anda pelajari di sini: Cara Pengaturan Plugin di Blog Wordress.